Minggu, 09 Desember 2012

cara membudidayakan ikan cupang

ikan cupang merupakan komoditi yang saat ini digandrungi oleh banyak orang. maka tak jarang banyak orang yang berlomba-lomba untuk memihara, membudidayakan dan bahkan hanya sekedar untuk dijadikan hiasan aquarium. tahu sebabnya...?
yap... ikan cupang memiliki seribu macam keindahan yang ditawarkan terutama akan keindahan warna sekaligus bentuknya. lebih jauh sebelum kita mempelajari cara penbudidayaan ikan cupang ini, lebih jauh kita akan mempelajari terlebih dahulu tentang asal mula ikan cupang ini
well...ikan cupang yang dikenal dalam istilah ilmiahnya sebagai betta (splendens)
terbagi atas dua kelom y"
1. ikan cupang aduan
    ikan cupang aduan seringkali dikenala akn kegesitan dan kegarangannya, kegarangan ikan cupang jenis ini  biasanya di  tonjolkan dengan memekarkan ekornya ketika berhadapan dengan musuhnya.
2. ikan cupang hias
ikan cupang hias jenis ini merupakan ikan yang dikenal akan keindahan dan keanggunannyaBila ikan cupang adu dikenal dengan kegarangan yang dimilikinya, ikan cupang hias terkenal dengan keindahan serta keanggunannya. seperti warna , bentuk tubuh...etc..
Itu tidak terlepas dari peran ikan cupang alam (Wild Betta) atau ikan cupang spesies sebagai cikal bakalnya. Ikan cupang yang dikenal saat ini adalah hasil persilangan  (splended) antar spesies ikan cupang alam yang dilakukan sejak tahun 60-an. Itulah mengapa hasil persilangan ini disebut Betta Splendends.





Beberapa spesies ikan cupang alam yang merupakan cikal bakal ikan cupang aduan antara lain Betta imbillis, Betta smaragdina, Betta coccina, dan Betta bellica. Sementara ikan cupang alam yang memiliki warna dan bentuk tubuh yang indah adalah Betta fasciata. Spesies ikan-ikan cupang tersebut berkembang biak dengan cara mengumpulkan sarang busa (bubble nest breed).
Selain ikan cupang alam spesies tersebut, ada juga ikan cupang alam yang berwarna cemerlang yang dianggap sebagai ikan cupang hias, yaitu Betta macrostoma, macropodus opercullaris, macropodus concolor, dan Belotia hasselti. Cara berkembang biak ikan-ikan cupang tersebut adalah egg slayer atau mouth brooder (perawat telur). Ikan cupang alam ini tidak dapat disilangkan dengan ikan cupang bubble nest breed. Ikan cupang lain yang merupakan tipe ikan cupang adu yang berkembang biak dengan cara egg layer adalah Betta unimacullata, Betta foerschi, Betta pugnax, dan Betta anabamthoides.
   Ikan cupang alam hidup di daerah tropis wilayah Asia tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Airnya berkadar kisaran pH 6,5 - 7, kesadahannya 8 - 10 HD, dan suhu 23 - 30 derajat celsius. Untuk lebih jelasnya dapat anda baca uraian secara singkat mengenai jenis-jenis ikan cupang tersebut berdasarkan kelompok ikan cupang hias dan ikan cupang adu.
sekarang kita coba cara membudidayakan ikan cupang.
A. untuk permulaan terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis kelamin cupang yang akan kita silangkan
ciri-ciri ikan cupang betina 
Umur telah mencapai sekitar 4 bulan
Bentuk badan membulat putih di sekitar perut menandakan siap kawin.
Gerakannya lambat.
Sirip pendek dan warnanya tidak menarik.
kondisi badan sehat.

ciri-ciri ikan cupang jantan
Umur ± 4 bulan
Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah.
Gerakannya agresif dan lincah.
Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit
 

nah setelah  ITU langkah selanjutnya adalah
melakukan pemijahan :

Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 15 – 30 Cm.
Masukkan induk ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari.
Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.

Biasanya pada pagi harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.

Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar